Disdukcapil Kayong Utara adakan Forum Konsultasi Publik (FKP) tentang Kebijakan Administrasi Kependudukan

Kepala Dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aslinda mengatakan, bahwa rapat Forum Konsultasi Publik (FKP) merupakan ajang evaluasi kinerja dalam bentuk peningkatan pelayanan publik terkait kepengurusan administrasi kependudukan (adminduk).

Disdukcapil sebagai penyedia layanan publik adminduk, ingin menyelaraskan antara keinginan masyarakat dengan pelayanan yang telah diberikan dalam beberapa waktu belakangan. 

"Jadi FKP yang kami gelar ini, sebagai alat ukur penilaian atas pelayanan publik dari kami Disdukcapil, untuk itu harapan kami (Disdukcapil) setelah ini kami akan terus meningkat pelayanan publik," kata Aslinda membuka rapat FKP dengan tema "Kebijakan Adminduk, Standar Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Adminduk yang Membahagiakan Masyarakat, bertempat di ruang rapat kantor Disdukcapil, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) pada Selasa (11/6/2024). 

"Tujuannya kami ingin menyelaraskan apa yang menjadi keinginan masyarakat terhadap pelayanan publik (adminduk) yang kami berikan di Disdukcapil," tambahnya.

Selain itu, Aslinda dalam penuturan Disdukcapil juga akan mensosialisasikan kebijakan (aturan) terbaru dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memang perlu disampaikan kepada masyarakat.

Namun demikian, dirinya menegaskan bahwa terkait hal itu (kebijakan baru) akan di sosialisasikan secara bertahap nantinya.

"Perubahan ataupun kebijakan terbaru yang kami maksud itu sesuai dengan aturan baru dari Kemendagri terkait pelayanan adminduk, nah untuk itu juga kami perlu waktu khusus untuk mensosialisasikan itu," tutur Aslinda saat di konfirmasi usai rapat FKP, Selasa (11/6).

"Lanjutnya, untuk FKP ini kami sudah kedua kalinya di gelar, tahun lalu itu (2023) sekitar di bulan Mei, kami (Disdukcapil) juga menilai antusias dari masyarakat untuk mengurus adminduk juga terdapat peningkatan yang memang sangat signifikan, dan juga kesadaran mereka akan penting nya adminduk mereka itu sendiri, baik secara online melalui Sidatokku atau pun datang langsung ke kantor Disdukcapil," pungkas Aslinda.

Sumber : https://infopublik.id/kategori/nusantara/861097/rapat-fkp-alat-ukur-penilaian-pelayanan-publik