Dinas Dukcapil KKU Paparkan 134 Layanan Adminduk dari SIDATOKKU

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara terus mensosialisasikan pelayanan melalui SIDATOKKU untuk membantu mengurus administrasi pendudukan Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

Atas hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara, Aslinda menyampaikan sebanyak 134 akses layanan dalam kurus waktu 2 bulan melalui SIDATOKKU.

“Hasil monitoring layanan Disdukcapil secara daring (online) melalui SIDATOKKU selama kurun waktu 2 bulan ini sudah sebanyak 134 layanan,” kata Aslinda, Kamis 21 April 2022.

“Alhamdulillah, warga kita semakin smart untuk menggunakan layanan secara online ini. Selain mudah, ringkas, efektif dan efisien dan gratis tentunya,” timpalnya.

Kini, Kadisdukcapil Kayong Utara ini menuturkan semua layanan bisa diakses di semua kantor Desa, Puskesmas, hingga penyelenggara agama.

“Saat ini semua layanan ini bisa di akses di semua kantor desa, puskesmas, penyelenggara agama (KUA/islam) dan non muslim (Hindu, Buddha, Kristen khatolik, Protestan dan Konghucu),” ungkapnya.

Selain itu, kata Aslinda, melalui SIDATOKKU pelayanan Kantor Desa meliputi beberapa layanan seperti cetak KK, akta kelahiran, akta kematian serta KIA.

“Pelayanan di kantor desa melalui SIDATOKKU meliputi cetak KK (cetak baru, hilang, rusak, perubahan elemen data KK), akta kelahiran, akta kematian, dan KIA. Untuk penyelenggara agama, layanan yang tersedia cetak KK baru pastin, KTP el (muslim/non muslim), akta perkawinan (non muslim) dan akta perceraian setelah putusan dari pengadilan negeri (non muslim),” ucapnya.

Bagi pasangan pengantin (pastin) setelah akad nikah atau pemberkatan atau pengesahan secara agama, akan langsung mendapatkan dokumen kependudukan sebagai pasangan suami istri. Bahkan mungkin akan diantar langsung oleh pejabat atau petugas Dukcapil.

“Sedangkan di puskesmas layanan secara online yang dapat kami berikan adalah cetak KK (KK penambahan anggota baru), akta kelahiran, akta kematian dan KIA,” tukasnya.

Sumber TribunPontianak.co.id

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Dinas Dukcapil KKU Paparkan 134 Layanan Adminduk dari SIDATOKKU, https://pontianak.tribunnews.com/2022/04/21/dinas-dukcapil-kku-paparkan-134-layanan-adminduk-dari-sidatokku.
Penulis: Jovi Lasta | Editor: Rivaldi Ade Musliadi